Siapa, sih, yang nggak tahu Instagram? Pasti pada punya akunnya, kan? Wajar saja, dengan lebih dari 1 Miliar unduhan, menjadikan aplikasi ini salah satu sosial media terpopuler.
Beragam hal yang bisa kita lakukan lewat aplikasi ini. Mirisnya, seringkali Instagram hanya dianggap sebagai tempat scrolling meme dan gosip tanpa arti, atau bahkan ajang pamer sampai memicu perdebatan tertentu. Padahal, Instagram sebenarnya bisa dimanfaatkan untuk hal-hal yang jauh lebih positif.
Namun, seberapa banyak dari kita benar-benar memanfaatkan Instagram secara optimal? Apakah tetap jadi media sosial pada umumnya atau bisa lebih kreatif dalam penggunaanya?
Nah, pada artikel ini, kita bakal bahas lima cara untuk mengoptimalkan penggunaan Instagram dengan cara yang lebih bermanfaat. Seperti di bawah ini!
1. Belajar
Siapa bilang belajar cuma dilakukan di kelas atau di depan buku. Saat ini, Instagram juga salah satu media menimbah ilmu, lho!
Banyak kreator berbagai bidang, mulai dari pendidikan hingga kreativitas menjadikan Instagram sebagai perantara untuk mengedukasi para audience-nya
Menariknya, pembelajaran tentu dikemas dengan desain-desain unik dan eye-catching. Interaktif, deh! Biasanya hadir dalam bentuk Post, Reels, Stories, hingga Live.
Banyak akun edukasi tersedia, kita bisa ikuti akun-akun yang di rasa sesuai dengan bidang yang kita minati. Misalnya @ted jika tertarik dengan materi self development @natgeo yang membahas mengenai lingkungan, dan banyak lagi deh!
Baca juga:
Milenial Harus Tahu! Inilah 6 Manfaat LinkedIn yang Bisa Bantu Tingkatkan Kariermu
2. Berbagi ilmu dan informasi
Di era digital ini, banyak orang yang memanfaatkan Instagram sebagai media untuk menyalurkan insight hingga pemikiran terhadap topik tertentu. Melalui Instagram, kita bisa membuat konten berupa gambar dan postingan yang memuat opini hingga sudut pandang kita mengenai isu dan topik yang ada.
Selain itu, Instagram memungkinkan kita untuk terhubung dengan komunitas dengan minat dan pandangan yang sama, memudahkan kita untuk berbagi dan mendapatkan insight dari orang lain.
Namun, perlu diingat, jangan asal mencuatkan pemikiran dan pendapat kita, pastikan dahulu; apakah informasi telah terverifikasi dan benar, cantumkan pula referensi yang ada. Jika berupa opini, sertakan pernyataan berupa disclaimer biar nggak menimbulkan salah paham bagi pembaca.
3. Bisnis dan branding
Sekarang ini, banyak pelaku usaha menjadikan Instagram sebagai media pemasaran untuk meningkatkan brand awareness, memperluas jangkauan pasar atau audiens, hingga meningkatkan penjualan.
Kita dapat memanfaatkan fitur yang tersedia seperti Instagram Shopping, Instagram Ads, maupun Stories untuk mengoptimalkan promosi produk dan layanan yang kita tawarkan. Namun, perlu diingat bahwa kualitas konten dan interaksi dengan pengikut juga merupakan faktor penting dalam membangun citra dan kepercayaan pelanggan.
4. Berkarya dan mengekspresikan diri
Pamer itu nggak mesti barang branded atau mewah lainnya. Karya, pencapaian, hingga hobi juga bisa kita pamerin, kok.
Banyak orang mulai menggunakan Instagram untuk membagikan karya seni seperti lukisan, gambar digital, maupun fotografi. Melalui Instagram, karya-karya tersebut dapat mudah tersebar luas. Jika dibarengi strategi branding dan promosi yang tepat, bukan nggak mungkin karya tersebut dapat dijadikan pundi-pundi uang. Keren, kan!
Karya nggak hanya sebatas pada fotografi dan lukisan aja, ya! Ada banyak, mulai dari musik atau cover-an lagu, skill editing, video animasi, pengalaman coding dan banyak lagi deh!
5. Kontribusi pada masyarakat
Saat scrolling, kita pasti pernah menjumpai postingan yang memuat ajakan kegiatan sosial, kampanye aksi lingkungan, maupun donasi korban bencana alam. Nah, itu merupakan kegunaan lain Instagram, yakni kontribusi pada masyarakat.
Kita bisa membagikan informasi terkait kegiatan atau gerakan sosial melalui postingan, stories atau IGTV, menggunakan fitur Instagram Donation Sticker dan link bio untuk mempermudah partisipasi pengguna lainnya.
Berbekal fitur dan sistem yang ada, Instagram dapat mempermudah kita melakukan gerakan masyarakat dengan jangkauan luas, hingga mampu menarik pengguna dari berbagai kalangan untuk turut berpartisipasi.
Layaknya air, sosial media bersifat menyebar. Nah, sebagai pengguna, kita punya kendali penuh mengatur arus informasinya. Sebaiknya, gunakan alat tersebut untuk membagikan hal-hal bermanfaat bagi pengguna lainnya. Mulai dari menimbah ilmu, kontribusi pada masyarakat, hingga bentuk pundi-pundi penghasilan. Yuk, gunakan sosial media untuk hal positif lainnya!