Kita tahu, zaman sekarang mahasiswa dan pelajar nggak cuma sekolah atau kuliah lalu pulang. Mereka penuh dengan banyak aktivitas. Dari organisasi, kegiatan ekstrakurikuler, sampai tugas-tugas yang menumpuk. Kalau selip sedikit, udah pasti keteteran!
Hm, kayaknya kita butuh semacam manajer biar aktivitas tertata dengan baik. Mungkin kita udah dengar tentang aplikasi manajemen waktu, tapi pas nyari-nyari malah bingung karena banyaknya pilihan.
Eits, kabar baiknya, artikel ini udah kumpulin 5 aplikasi manajemen waktu populer, pastinya punya fitur keunggulan yang wajib dimiliki banyak mahasiswa dan pelajar di luar sana. Penasaran, kan? So, langsung aja yuk simak!
1. Google Task
Satu kata, simpel! Pokoknya nggak macem-macem, deh. Beda dari kebanyakan aplikasi serupa lainnya, aplikasi ini hanya punya satu fokus utama, yaitu to-do list. Kalau kita jalankan, cuma kelihatan satu tombol “Add Task” aja.
Tapi, kalau dilihat-lihat emang cuma itu, kan, fitur yang dibutuhkan? Kalau emang masalah kita cuma terkendala di manajemen kegiatan, mungkin nggak perlu aplikasi dengan segudang fitur dan interface lainnya, malah makin ribet.
Nah, aplikasi bersutan Google ini pastinya juga punya fitur utama seperti aplikasi serumpunnya. Yak! Google Task terintegrasi dengan Google Workspace yang bikin pengalaman kerja atau nugas kita makin rapi dan terarah. Terkoneksi mulai dari Google Mail, Google Keep, Google Calendar, dan banyak lagi, deh!
2. Todoist
Dari segi tampilan, Todoist bisa dibilang versi advance-nya Google Task, nih! Bagi kita yang emang suka sama tampilan interface kece, bisa banget pertimbangkan Todoist sebagai asisten waktu kita.
Ada juga fitur yang rekapan kerjaan. Jadi, bisa dipake untuk evaluasi dan melacak tingkat produktivitas kedepannya. Mantep nggak?
Nah, kalau emang suka dan cocok sama aplikasinya, ada fitur premium yang bisa kita coba. Salah satu benefit-nya, yaitu sinkronisasi data antar perangkat. Jadi, nggak perlu bergantung sama satu device aja. Soalnya bisa diakses dari mana aja!
3. Google Calendar
Kurang lengkap kalau bahas Google Task tanpa ngomongin aplikasi keren satu ini. Sama-sama punya fitur seadanya, tapi, udah cukup ampuh untuk melawan ketidakjelasan kita dalam mengatur waktu.
Sebenarnya, masalah manajemen waktu nggak bakal memakan korban kalau bisa jadwalin dan prioritasin tugas kita dengan baik. Maksudnya, tugas udah punya tempat dan waktu yang spesifik. Bukan cuma tumpuk di to-do list dan berharap selesai sendirinya. Pastinya, kita butuh kejelasan kapan harus mulai, kapan harus selesai, hingga lama waktu yang dibutuhkan.
Nah, dengan Google Calendar, kita bisa bikin jadwal aktivitas jadi lebih spesifik, soalnya memungkinkan kita menentukan jadwal per rentang waktu dari mulai hingga selesai. Apalagi dipadukan dengan Google Task atau Google Workspace. Jadi lebih terorganisir, deh!
Baca juga: Fokus Lebih Baik, Ini 5 Cara Mengatur Waktu Istirahat dan Belajar Efektif
4. TickTick
Masalah ngatur prioritas emang bisa jadi permasalahan, terutama bagi pelajar maupun mahasiswa. Dengan waktu terbatas, kita sering dituntut melakukan banyak kegiatan. Jadi bingung mana yang harus diutamakan. Repot juga, ya!
Nah, kabar baiknya, kita bisa pakai salah satu fitur dari TickTick untuk membagi skala prioritas kita dengan fitur Matriks Eisenhower-nya. Dengan matriks tersebut, kita akan dipermudah dalam urusan milah-milah kegiatan, nih!
Kegiatan kita bakal dibagi dalam empat kolom matrix prioritas yang beda. Nantinya, kita bisa langsung lihat mana kegiatan yang harus diutamakan, mana yang bisa ditunda, mana yang perlu dikerjain sekarang, dan mana yang sebaiknya dihindari. Anti ribet-ribet!
5. Focus To-do: Pomodoro Timer
Saat banyak kerjaan, kita nggak hanya butuh waktu cukup, tapi juga fokus yang seimbang. Nah, nggak hanya aplikasi manajemen waktu semata, aplikasi ini bakal bantu kita memanajemen fokus biar dapet hasil yang lebih maksimal.
Fokus kita bisa makin tajem dengan fitur pomodoro timer yang tersedia. Nah, buat kalian yang belum familiar, teknik pomodoro ini tuh metode kerja yang dibagi-bagi dalam interval waktu tertentu. Misalnya, kerja selama 25 menit, terus istirahat selama 5 menit. Terus diulangin sampe selesai.
Dengan aplikasi ini, kita bisa lebih fokus dan produktif saat kerja. Soalnya, waktu terbagi dengan baik, kita jadi nggak gampang terjebak sama prokrastinasi.
Nah, itulah rangkuman aplikasi manajemen aplikasi yang udah disajikan. Gimana? Ada yang bisa jadi solusi permasalahan waktu kita? Semoga dengan adanya rekomendasi ini, kita nggak lagi merasa keteteran, ya!